Panduan Cara Menulis Artikel SEO Mudah untuk Pemula

Keberadaan penulis saat ini berkembang cukup pesat, meningkat pula kebutuhan penulis SEO. Yang dimaksud dengan artikel SEO adalah artikel yang dapat terbaca di searching meu sehingga blog banyak didatangi visitors. Untuk mempelajarinya, perlu melakukan panduan cara menulis artikel SEO. Berikut akan dijelaskan cara yang dapat dicoba oleh pemula:

1. Pakai Kata Kunci yang Tepat

Dapat dikatakan bahwa cara ini merupakan langkah yang fundamental atau dasar dalam penulisan artikel SEO. Utamanya bagi penulis pemula, perlu memahami ketepatan dari kata kunci yang digunakan. Tentu saja kata kunci harus disesuaikan dengan jenis blog yang digunakan sebagai media publikasi. Tidak melulu mengejar visitor, kesesuaian artikel dengan jenis blog pun penting.

2. Lakukan Riset

Cara menulis artikel SEO yang kedua ini masih berhubungan dengan cara yang pertama. Dalam menentukan kata kunci yang tepat, penulis perlu melakukan riset terlebih dahulu. Media yang dapat dipilih sebagai tempat riset, diantaranya: Google Trends, KWFinder, dan Ubersuggest. Penulis bisa memilih sesuai selera masing-masing.

3. Ketahui Intent dari Pengguna

Cara yang satu ini tidak boleh dilupakan dalam penulisan artikel SEO. Apabila penulis memahami intent dari pengguna, maka akan terjawab sudah kebutuhan dari visitor ini. Hal ini berpengaruh pada lamanya visitor mengunjungi artikel di blog yang ditemukan. Apabila artikelnya sesuai, tentu akan menghabiskan banyak waktu untuk membaca lebih lanjut.

Dalam mengetahui intent dari pengguna, perlu menggunakan Teknik SERP. Adapun cara ini bisa dilakukan dengan menu hasil pencarian di Google. Pada umumnya, pencarian artikel dapat dilakukan dengan menuliskan rekomendasi atau keterangan lain yang dapat menarik minat pembaca.

4. Cari Sudut Pandang yang Menarik

Apabila sebelumnya membahas tentang topik ataupun kata kunci dari artikel, cara keempat dalam cara menulis artikel SEO ini bisa dilihat dari segi kebahasaan. Dalam menulis, masing-masing penulis memiliki cara pandang yang berbeda. Bahkan jika diperlihatkan pada kondisi yang sama tentang suatu kejadian, setiap penulis pasti memiliki jalan atau alur dari menulis yang berlainan.

Related Post :  Cara Membuat Blog yg Menarik, Blogger Pemula Wajib Simak!

Selain itu, dapat pula ditambahkan unsur kebahasaan yang dapat memikat pembaca. Hal ini terfokus pada pemilihan kata yang tepat sebagai judul artikel. Seperti yang diketahui bersama bahwa judul merupakan bagian pertama yang dibaca oleh visitor. Judul pula yang biasanya muncul di searching menu. Untuk itu, perlu dibuat judul yang lebih menarik dengan mencari sudut pandang berbeda.

5. Cek Pembuka Artikel

Apabila sebelumnya membahas tentang judul, makas selanjutnya akan dibahas bagian pembuka artikel. Perlu diketahui bahwa setelah judul, yang dibaca selanjutnya adalah pembuka artikel. Bayangkan jika dari pembuka sudah tidak menarik, visitor akan malas membaca kelanjutannya sampai akhir. Terlebih lagi memilih untuk mencari artikel lain.

Dalam pembuka artikel, umumnya dapat menjadi bagian yang komplikatif dengan kehadiran intent dari pembaca. Untuk itu, perlu diketahui cara membuat artikel yang membuat visitor betah untuk melanjutkan membaca. Rahasianya adalah dengan menggunakan teknik atau metode Attention, Interest, Desire, dan Action yang biasa dikenal AIDA. Berikut penjelasannya:

  • Attention, artinya artikel dibuat untuk menarik perhatian pembaca dengan memberikan pertanyaan atau bahkan data statistic tertentu.
  • Interest, berarti artikel dapat dibuat semnarik mungkin dengan menyinggung permasalahan yang sedang terjadi.
  • Desire, memiliki arti bahwa artikel dapat menjadi solusi dari permasalahan yang sudah disebutkan sebelumnya.
  • Action, artinya artikel dapat mengajak pembaca untuk menyelesaikan pembacaan artikel sampai selesai.

Demikian pembahasan mengenai panduan cara menulis artikel SEO mudah. Penulis pemula tentu dapat mencoba langkah demi langkah yang sudah disebutkan dan diuraikan di atas. Dengan mengetahui panduan menulis sesuai SEO, penulis dapat menarik lebih banyak visitor untuk berkunjung di blog atau website yang dimiliki.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.