Ayo Cari Tahu Cara Merawat Mobil Matik yang Baik dan Benar

Cara Merawat Mobil Matik
Pict : Pexels

Ada banyak anggapan bahwa mobil matic ini butuh biaya besar untuk perawatannya, karena hanya beberapa bengkel yang bisa melakukan perbaikan untuk mobil matic ini. Walaupun dalam segi pemakaian, mobil matic ini lebih mudah dibawa daripada mobil manual. Ada beberapa cara merawat mobil matik yang bisa dipraktekkan langsung dan juga sederhana untuk dilakukan:

1. Rajin Memanaskan Mobil Setiap Hari

Cara pertama dalam hal merawat mobil matik yaitu dengan rutin memanaskan mobil setiap hari. Ini terdengar sepele tetapi justru sangat dianjurkan untuk dilakukan. Tujuannya adalah untuk menjaga mesin mobilnya tetap prima sehingga akan mengurangi resiko mesin bermasalah.

Dengan rutin memanaskan mobil ini juga berfungsi untuk menjaga sirkulasi oli tetap rata ke seluruh mesin mobilnya. Dan panaskan mobil ini dalam posisi netral, tanpa menghidupkan AC selama kurang lebih 3 menit.

2. Mengganti Oli Mesin dan Oli Transmisi Secara Berkala

Cara merawat mobil matik selanjutnya yaitu dengan mengganti oli mesin dan juga oli transmisi secara berkala. Penggantian tidak hanya oli mesin tetapi oli transmisi juga sama pentingnya. Pelumas oli ini bisa diganti jika jarak yang sudah ditempuh mobil itu 80 ribu s/d 100 ribu km.

Dan perawatan oli transmisi hanya ada pada mobil matik, pada manual tidak ada. Pastikan pelumas oli yang digunakan itu berkualitas agar kondisi kendaraan dalam keadaan optimal dan tidak bermasalah. Periksa oli transmisi jika oli berkurang atau terasa aroma gosong, segera bawa mobil ke bengkel karena kemungkinan ada yang salah dengan mobilnya.

3. Menggunakan Persneling dengan Tepat Sesuai Kondisinya

Persneling atau yang dikenal transmisi ini juga perlu diperhatikan juga dalam perawatannya. Gunakan persneling ini sesuai kondisi ketika berkendara. Jika misalnya dalam keadaan terparkir maka gunakan persneling “P” yaitu parking.

Related Post :  Perawatan Mobil Matic VS Manual, Apakah Sama?

Jangan sekali-kali pindahkan mode persnelingnya ke mode “D” atau drive, lalu mobil dimatikan secara paksa. Itu akan membuat bagian persneling dan juga koplingnya mengalami kerusakan. Lalu ketika macet, pindahkan persneling ke mode “N” yaitu neutral sambil mengangkat rem tangan.

4. Hindari Melakukan Gas Mobil secara Tiba-Tiba

Berikutnya cara merawat mobil matik adalah dengan tidak menginjak pedal gas secara tiba-tiba. Karena ini akan berdampak pada katup solenoidnya. Katup tersebut akan mengalami kerusakan karena adanya perubahan mendadak oli ke konverter torsi. Jika ini terus terjadi maka mesin transmisi nya akan bermasalah. Bawalah mobil matic dengan santai dan tidak perlu mengebut.

5. Lakukanlah Service Mobil secara Berkala

Saat sudah mengambil keputusan untuk membeli kendaraan, rawatlah kendaraan tersebut dan bacalah buku panduan mengenai perawatan dan berkendaranya. Dalam hal mobil matik, pasti memiliki prosedur dalam perawatan mobil yang berbeda-beda tiap merknya. Dan jika membeli mobil matik bekas, maka tanyakan dengan detail mengenai perawatannya dan apakah memiliki kerusakan atau tidak.

6. Peka Pada Setiap Perubahan Kondisi Mobil

Nah cara merawat mobil matik selanjutnya adalah dengan peka terhadap kondisi mobilnya. Tidak hati dan lingkungan sekitar yang harus dipahami, tetapi juga mobil, terlebih mobil matic. Jika peka dengan mobil, maka akan terasa jika ada kerusakan kecil akan terasa janggal dirasakan.

Jika sudah terasa ada yang rusak, jangan ditunda karena kerusakan itu nantinya akan merembet ke komponen yang lainnya. Tentu jika itu terjadi malah akan mengeluarkan biaya yang banyak untuk mereparasi mobilnya.

7. Segera Kuras Oli Transmisi dan Oli Mesin Ketika Mobil Kena Banjir

Setiap kendaraan tentunya membutuhkan perawatan segera jika terkena rendaman banjir. Dan jika kondisi ini terjadi pada mobil matic, maka yang bermasalah itu ada pada komponen-komponen nya. Usahakan jika mobil terkena banjir, lekas keringkan busi, karburator, dynamo starter nya, saringan angin dan juga V-Belt nya.

Related Post :  Perawatan Mobil Matic VS Manual, Apakah Sama?

Terpenting adalah kuras segera oli transmisinya dan ganti dengan yang baru. Jika tidak segera dilakukan tindakan pertama, maka mesin matic akan cepat rusak parah karena komponen yang rusak akibat terkena air banjir.

8. Coba Lakukan Uji Jalan

Hal ini penting juga diperhatikan karena berkaitan dengan kondisi gearbox nya di kondisi mana mobil matik jarang digunakan, dikhawatirkan oli transmisi nya mengental. Walau jarang keluar rumah, minimal bawa mobil jalan di daerah sekitar atau keliling kompleks. Ini dilakukan untuk mengecek kondisi mesin apakah mesin dalam keadaan atau ada kerusakan.

Nah, itulah tadi beberapa cara merawat mobil matik dan bisa diterapkan langsung. Rawat dan cintailah mobil seperti mencintai diri sendiri. Jika merawat dan memperhatikan kendaraan dengan baik, maka itu juga akan mengurangi pengeluaran biaya perawatannya untuk menghindari terjadinya kerusakan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.