Refleksi Hari Kesehatan Nasional

Dua tahun terakhir terasa lebih panjang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi menjadikan hari demi hari lebih terasa perjuangan nya, membuat kita untuk lebih menghargai sekitar kita. Pandemi mengajak kita untuk merenung dan mensyukuri setiap tarikan nafas yang masih kita rasakan hingga saat ini. Tahun 2020 ditutup dengan banyak kabar duka yang berdatangan melalui sosial media ataupun secara langsung. Penelitian terhadap vaksin COVID-19 mulai mendapat titik terang sehingga rasa optimisme mulai terbangun. 

Bulan November memiliki beberapa hari besar, baik nasional maupun internasional. Hari Besar Nasional salah satunya yaitu Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati pada tanggal 12 November di setiap tahun nya. Peringatan ini menjadi momentum tersendiri untuk meningkatkan kesadaran kita agar lebih peduli lagi dalam menjaga kesehatan.

Aku mau berbagi pengalamanku bisa tetap produktif walaupun di rumah saja serta tips menjaga kesehatan yang aku lakukan sampai saat ini. 

Tetap Produktif dari Rumah

Pada awal pemberitahuan libur sekolah selama 2 minggu cukup membuat aku terkejut karena hampir sebagian aktivitas ku berada di sekolah. Aku khawatir jika libur sekolah, apa yang akan aku lakukan di rumah. 

Tapi ternyata aku bisa melakukan hal-hal ini :

1. Pembelajaran Sekolah Online

Ternyata selain belajar dari sekolah, kita tetap dapat memperoleh ilmu dari pembelajaran yang dilakukan secara online dari rumah. Dengan penggunaan WiFi Rumah ketika sedang melakukan pembelajaran online/jarak jauh (PJJ) membuat jadi lebih praktis dan fleksibel, pengalaman belajar jadi lebih menyenangkan, lebih personal sehingga dapat lebih fokus dalam memahami pelajaran, mudah didokumentasikan agar dapat dilihat kembali untuk belajar. 

2. Ikut Banyak Webinar dan Memperoleh Sertifikat

Ketika pandemi, semua aktivitas tertunda sehingga mereka menciptakan sebuah cara agar aktivitas tetap dapat dilakukan tepat waktu. Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan mengadakan webinar. Pada Hari Besar Nasional seperti sekarang, sangat disayangkan jika kita tidak ikut berpartisipasi di dalam kegiatan nya. Setiap kali menghadiri webinar, aku selalu menggunakan WiFi Rumah dari Telkom Group agar kegiatan webinar ku tidak terganggu oleh sinyal yang buruk. 

Related Post :  OYPMK dan Remaja Disabilitas Juga Memiliki Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi

Beberapa webinar juga menyediakan e-sertifikat untuk para peserta nya. Sertifikat pelatihan dan seminar yang diperoleh dapat digunakan untuk masuk ke dunia kerja nantinya. E-sertifikat akan menjadi bukti dan juga nilai tambah saat melamar kerja karena akan dilihat memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang bidang tersebut. 

3. Belajar Keterampilan Baru

Kekosongan waktu yang dimiliki membuat sebuah rasa bosan muncul sehingga mendorong seseorang untuk melakukan suatu kegiatan. Aku mulai mengisi kekosongan itu untuk belajar menulis sebuah artikel dan membuat akun blog. Aku merasa bebas untuk menuangkan ide yang ada ke dalam sebuah tulisan dan dibaca oleh banyak orang. 

4. Monetisasi Media Sosial

Aku memulainya dengan mengembangkan akun media sosial yang dimiliki menjadi lebih menarik serta konsisten dalam membuat postingan. Lahirnya postingan yang konsisten didasari oleh WiFi Rumah yang lancar sehingga tidak ada keterlambatan yang menyebabkan kekecewaan penonton. 

5. Lebih Peduli Akan Kesehatan

Aku sering membaca artikel online tentang kesehatan untuk mengisi waktu luang, ada banyak artikel kesehatan yang dapat diperoleh dengan cepat karena penggunaan WiFi Rumah yang lancar. Ada banyak tips bermanfaat yang aku peroleh serta ada konsultasi dengan dokter secara online yang dapat diakses dengan mudah. 

Tips Menjaga Kesehatan

Walaupun pandemi hampir berlalu, akan tetapi kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh kita. Apalagi di salah satu peringatan Hari Besar Nasional tanggal 12 November 2022 ini Sekretaris Jenderal Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan bahwa Hari Kesehatan Nasional kali ini merupakan HKN ke-58 yang memiliki arah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai kesehatan. 

Cara yang aku lakukan untuk menjaga kesehatan, yaitu:

Related Post :  5 Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil, Bisa Dipraktikkan!

1. Atur Pola Tidur 

Jangan meremehkan tidur karena tidur memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Tidur menjadi kunci dari kekebalan tubuh yang kuat, meningkatkan daya ingat kita, serta bisa menjadi pengendali nafsu makan. Waktu yang diperlukan untuk tidur bagi orang dewasa minimal 8 jam sehari. Orang yang tidur kurang dari 6 jam dalam setiap hari akan rentan terkena flu, dibandingkan dengan orang yang tidur dengan waktu yang cukup.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Minum-minuman kekinian memang mudah membuat kita tergoda. Tapi jangan lupa dengan asupan air putih yang harus kita konsumsi, karena jika air yang ada di dalam tubuh kita tercukupi, maka fungsi organ tubuh kita akan bekerja secara maksimal. Cairan yang kita butuhkan harus disesuaikan dengan berat tubuh dan intensitas kegiatan kita. Jika kamu melakukan banyak aktivitas, maka air putih yang kamu konsumsi juga harus lebih banyak. 

3. Ikuti Panduan Porsi Makan “Isi Piring Ku”

Porsi Isi Piringku itu terdiri dari makanan pokok yakni sumber karbohidrat sebanyak 2/3 dari 1/2 piring. Dilengkapi dengan lauk pauk dengan porsi sebanyak 1/3 dari 1/2 piring. Setengah piring lain nya diisi dengan sayur-sayuran dengan porsi sebanyak 2/3 dan buah-buahan 1/3 porsi. 

4. Rutin Olahraga

Selain mengikuti panduan porsi makan “isi piring ku”, aku juga rutin melakukan olahraga agar tubuh tetap aktif, sehat, ideal, dan bugar. Aku biasa ikut kelas yoga di internet dengan menggunakan WiFi Rumah, agar kegiatan kelas yoga ku tidak terganggu oleh sinyal. 

Semua itu berkat internet yang lancar sehingga memudahkan aku untuk mengakses semua fasilitas yang ada di internet. Pada Hari Besar Nasional atau lebih tepatnya Hari Kesehatan Nasional seperti saat ini aku menggunakan WiFi Rumah IndiHome dari Telkom Group untuk memudahkan aku untuk berinteraksi dari rumah. 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *