Cara Membuat Blog yg Menarik, Blogger Pemula Wajib Simak!

Cara Membuat Blog yg Menarik

Menulis kegiatan sehari-hari, atau tips menarik memang bisa menjadi hobi. Namun, sangat sayang jika hobi tersebut tidak dikembangkan. Maka dari itu bagi yang suka menulis bisa mempublish tulisannya di blog pribadi. Agar banyak orang mengunjungi blog tersebut, maka berikut cara membuat blog yg menarik yang wajib disimak:

1. Mengisi Data yang Lengkap Terlebih Dahulu

Pastikan sebelumnya sudah mendaftarkan diri dengan akun gmail. Adapun cara membuat blog yg menarik pertama adalah dengan membuat akun pada situs blogger terlebih dahulu. Selanjutnya pasti sistem akan mengarahkan pada bagian untuk melengkapi data.

Pada salah satu bagiannya pengguna bisa mengisi alamat blog (URL) yang nantinya digunakan sebagai domain. Pastikan nama ini unik tetapi mudah diingat banyak orang. Pasalnya alamat inilah yang akan dikunjungi para pembaca. Tidak sampai disini, pemilik blog harus memberikan isi data lain dengan lengkap dan benar.

2. Membuat Tulisan yang Menarik

Setelah berhasil membuat alamat blog dan pengisian pendaftaran akun. Maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuat konten. Adapun konten yang dimaksud disini adalah tulisan. Untuk tema dalam tulisan yang diangkat terserah pemilik akun. Apapun tulisannya yang penting dalam penyampaiannya menaik pasti akan banyak mendapatkan pembaca.

3.  Memperbaiki Tampilan Blog dengan Template Custom

Selain tulisan yang harus dirapikan dan diperbaiki selanjutnya adalah mengenai tampilan blog.  Maka dari itu pengguna harus bisa membuat sebuah tema yang membuat orang nyaman untuk terus stay di blog tersebut. Misalnya tema yang akan terus relevan dengan zaman sekarang misalnya tema minimalis.

Untuk template dari blog sendiri sebenarnya sudah ada, semacam template bawaan. Akan tetapi jenis tema yang disajikan template ini jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan template yang berasal dari blog custom. Selain itu dengan melakukan custom juga sudah mendukung iklan Google Adsense dan banyak lainnya.

Related Post :  Pengertian SEO dan Cara Menulis Artikel SEO

4. Memberikan Gambar di Postingan yang Berlangsung

Selain tulisan yang baik, tema desain yang menarik. Hal yang harus diperhatikan oleh para Blogger adalah saat memposting tulisan. Usahakan juga memberikan gambar yang relevan dengan tema pada tulisan yang diposting. 

Jadi, gambar yang dimaksud merupakan gambar ilustrasi misalnya hasil foto pada kegiatan yang menggambarkan isi tulisan  tersebut. Untuk tips jumlah gambar yang diberikan tidak perlu terlalu banyak. Jika bisa setengah tulisan, setengahnya lagi gambar jadi membuat pembaca tidak lekas bosan.

5. Membuat Semacam Logo dan Menggunakan Domain TLD

Untuk memudahkan para pembaca ingat terhadap blog yang dibuat tadi, maka tidak ada salahnya memberikan semacam logo. Hal ini, selain untuk mempermudah pembaca mengikat dan bisa juga sebagai branding personal pemilik blog. 

Selanjutnya agar blog lebih menarik dan mudah diingat adalah dengan merubah alamatnya. Tidak hanya itu menggunakan domain TLD juga bisa meningkatkan ketertarikan pembaca selain itu blog yang dibuat akan nampak profesional. Bahkan dengan domain ini tulisan yang dimuat bisa menempati jajaran peringan awal pada sistem pencarian di Google.

6. Memanfaatkan Widget

Hal yang tidak kalah penting agar blog menarik adalah penggunaan fitur widget. Adanya element tambahan ini untuk tampilan yang lebih menarik. Pastikan pemilik blog juga bisa menyesuaikan widget apa yang cocok untuk kebutuhan blog tersebut.

Demikian itu cara membuat blog yg menarik cocok untuk Blogger pemula. Menggunakan beberapa cara dan tips pastinya blog tersebut akan lebih menarik pembaca. Selain tulisan yang wajib dimaksimalkan desain blog yang menarik juga membuat orang betah untuk mengikuti tulisan author.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *