5 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Usia 2 Tahun yang Paling Menyenangkan

Usia anak 2 tahun merupakan manusia yang senang untuk bermain, maka orangtua wajib memberikan mainan terbaik untuk anaknya. Ada alternatif mainan edukasi anak usia 2 tahun yang bisa jadi rekomendasi terbaik. Pastinya mainan edukasi ini sangat membantu anak dalam melewati masa tumbuh kembangnya. Berikut daftarnya:

1. Puzzle

Ketika umur anak sudah 2 tahun maka orangtua bisa memberikan mainan edukasi yang bisa mengembangkan tingkat berpikir. Bisa dengan memulainya dengan mainan puzzle sederhana untuk anak. Biasanya pemilihan mainan puzzle ini yang memiliki bentuk sederhana dengan gambar yang masih sederhana pula.

Dalam mainan puzzle ini akan mengasah anak untuk berpikir dan mulai memahami bentuk secara tepat. Anak akan dilatih pula motoriknya pada saat menyusun puzzle dengan baik dan benar. Puzzle merupakan mainan yang mudah didapatkan, dari segi bahan juga sangat aman untuk anak-anak.

2. Balok

Untuk bisa merangsang anak dengan mainan edukasi anak 2 tahun, maka balok menjadi alternatifnya. Mainan dari balok ini bahan utamanya adalah kayu, dimana kayu tersebut dibentuk sedemikian rupa dalam berbagai bentuk. Biasanya anak-anak akan tertarik dengan bentuk dan warna yang menarik untuk dibongkar juga disusun.

Dalam permainan balok ini juga anak usia 2 tahun akan dikenalkan beragam bentuk balok. Mulai dari segi tiga, lingkaran, persegi panjang, persegi dan lain sebagainya yang bisa disusun dengan mudah. Anak akan bereksplorasi untuk menciptakan beragam bentuk dengan adanya mainan balok tersebut, seperti rumah, gedung dan lainnya.

3. Buku

Tidak harus anak yang sudah bisa baca yang dikenalkan dengan buku. Tapi sejak dini anak bisa diajak bermain dengan buku agar pengetahuan literasinya bertambah. Untuk usia dua tahun yang belum mahir membaca, maka orangtua bisa dengan membacakan buku kepada anaknya secara rutin.

Related Post :  Rekomendasi 5 Mainan Anak yang Bisa Dinaiki Terbaik dan Paling Aman

Dengan adanya aktivitas baca buku secara rutin, anak juga akan mengenal kosakata yang baru. Dimana kosakata tersebut nantinya akan semakin mudah dipahami secara menyeluruh oleh anak. Anak  juga akan terbiasa dengan buku dan akhirnya anak bisa suka membaca karena diperkenalkan dengan buku sejak dini.

4. Masak-Masakan

Saat memberikan mainan edukasi anak usia 2 tahun ini dengan hadirnya set mainan masak-masakan. Maka anak-anak akan diajak untuk berimajinasi dengan mainan tersebut dan bermain dengan cara menyenangkan. Biasanya seorang anak akan penasaran ketika ibunya di dapur yang sibuk dengan memasak.

Maka dari itu, adanya peralatan masak ini bisa menghasilkan keterampilan pada anak. Anak akan diasah imajinasinya dan kemudian bisa belajar untuk membuat menu, mengenal peralatan dan sebagainya. Masak-memasak merupakan mainan edukasi yang merangsang anak untuk lebih terampil lago.

5. Alat Musik

Mainan edukasi lainnya juga bisa dengan memberikan alat musik kepada anak. Dimana alat musik ini merupakan bagian penting untuk anak memulai hobinya. Setiap anak pasti memiliki kecerdasan musikal. Musik juga bisa merangsang otak anak untuk lebih berkembang dan memberikan pemahaman baru tentang dunia musik.

Di usia 2 tahun ini, anak juga bisa secara cepat untuk menguasai hal apa saja yang dilihatnya. Dengan kata lain saat memberikan mainan edukasi alat musik,maka anak langsung tertarik dan mulai memainkannya. Bermain alat musik memang hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan dengan rutin.

Adapun mainan edukasi anak usia 2 tahun ini memberikan gambaran bahwa dunia anak merupakan dunia main. Maka dari itu orangtua juga bisa memfasilitasi anak dengan beragam mainan edukasi anak yang menarik. Dengan begitu secara perkembangan, anak semakin cerdas dan kreatif.

Related Post :  Rekomendasi 5 Mainan Anak yang Bisa Dinaiki Terbaik dan Paling Aman

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.