5 Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil, Bisa Dipraktikkan!

Ibu hamil harus memiliki kondisi yang sehat agar janin pun tetap terjaga kesehatannya. Namun, biasanya terkendala dengan kondisi sesak napas yang terjadi dan hal tersebut sangat mengganggu. Lalu bagaimana cara mengatasi sesak napas saat hamil? Apa saja yang ibu hamil harus lakukan untuk menstabilkan kondisinya? Simak penjelasan berikut ini:

1. Istirahat yang Cukup dan Relaksasi

Pentingnya menjalani istirahat dari segala aktivitas yang menguras tenaga merupakan bagian penting yang dilakukan ibu hamil. Caranya dengan rehat sejenak, mulai dari duduk santai hingga tiduran. Pentingnya tubuh untuk beristirahat ini memang harus ibu hamil lakukan agar terhindar dari kelelahan.

Pasalnya jika ibu hamil yang sedang kelelahan bisa berakibat terjadi sesak napas dan lesu. Jika kondisi ibu hamil tampak lemah mempengaruhi kondisi janin sedang dikandungnya. Relaksasi yoga bisa membantu ibu hamil untuk lebih baik dan mengatur napas teratur agar tetap dalam kondisi yang baik.

2. Olahraga Secara Teratur

Ibu hamil harus menjalankan pola hidup sehat, salah satunya untuk berolahraga secara teratur. Untuk ibu hamil, bisa dengan menjalankan olahraga ringan agar pola atur nafas bisa lebih baik. Sebagai cara mengatasi sesak napas saat hamil dan membuat tubuh lebih bugar ketika menjalani aktivitas.

Dengan tubuh yang terbiasa berolahraga, maka bisa mengatasi sesak napas yang bisa muncul. Olah napas dalam menjalani aktivitas olahraga ini yang melatih tubuh untuk terbiasa dan otot tubuh juga menjadi lentur. Selain itu, banyak manfaat dari olahraga lainnya, apalagi secara teratur tiap hari, seperti berjalan kaki, berenang, yoga dan lain sebagainya.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, perlu adanya asupan gizi yang baik dan berkualitas. Apalagi untuk ibu hamil, maka mengkonsumsi makanan sehat menjadi hal penting yang bisa dilakukan. Sayuran, buah-buahan, susu, kaya serat dan protein tinggi akan membantu asupan ibu hamil tercukupi.

Related Post :  OYPMK dan Remaja Disabilitas Juga Memiliki Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi

Dengan mengkonsumsi makanan sehat, seorang ibu hamil ini pastinya memberikan gizi yang sehat untuk janinnya yang dikandungnya. Maka dari itu, ibu hamil berkewajiban memantau apa saja yang akan dikonsumsinya. Hindari makanan instan dan juga makanan yang tinggi kadar lemaknya agar aman dari kolesterol.

4. Hindari Minuman Kafein

Untuk bisa menjaga stabilitas detak jantung dan bernapas dengan baik, tidak hanya makanan yang diperhatikan. Ibu hamil juga harus memperhatikan minuman yang harus dikonsumsinya. Sebagai cara mengatasi sesak napas saat hamil dengan menghindari mengkonsumsi minuman kafein.

Pasalnya minuman mengandung kafein ini bisa meningkatkan debaran jantung dan tubuh terdehidrasi. Dalam kandungan kafein ini menyebabkan sifat diuretik dan cairan tubuh lebih sering dikeluarkan. Kondisi seperti itu harus diperhatikan dan sebaiknya menghindari dengan segera agar tubuh ibu hamil terkondisikan dengan baik.

5. Atur Posisi yang Nyaman

Jika ibu hamil mengalami sesak napas, maka yang penting dan harus dilakukan dengan menemukan posisi tepat dan nyaman. Atur tempat duduk dan berikan sandaran dengan nyaman hingga tubuh terasa rileks. Bernapaslah dengan perlahan agar nantinya bisa lebih lega dan teratur secara perlahan.

Selanjutnya ketika tubuh mulai nyaman dan menemukan posisi duduk yang baik dan benar. Maka bisa dengan mudah untuk memberikan rasa rileks yang baik dan mulai mampu mengatur napas secara teratur. Jadi masalah sesak napas yang muncul  bisa diatasi dengan segera dan mengantisipasi sebelum terjadi hal yang fatal.

Dengan memahami bagaimana cara mengatasi sesak napas saat hamil, maka ibu hamil bisa menjalani pencegahan sebelumnya. Pentingnya memperhatikan kebutuhan dan kenyamanan yang harus diciptakan setiap hari. Maka bisa menjaga kondisi ibu hamil tetap stabil dan janin pun terjaga pula kesehatannya.

Related Post :  OYPMK dan Remaja Disabilitas Juga Memiliki Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.