Jenis-Jenis Investasi Jangka Panjang, untuk Para Milenial yang Melek Investasi

Jika dahulu istilah investasi masih jarang dibicarakan oleh anak muda. Maka semakin berkembangnya jaman pasar investasi mulai menargetkan anak muda sebagai investor. Oleh karena itu banyak aplikasi menabung dan investasi yang bermunculan. Berikut akan dijelaskan jenis-jenis investasi jangka panjang:

1. Emas

Investasi sendiri merupakan kegiatan semacam “menabung”, namun hasilnya akan didapatkan diakan lebih banyak seiring berjalannya waktu. Maka dari itu ada istilah investasi jangka panjang, dimana jenis investasi ini akan didapatkan hasilnya setelah hitungan tahun. Adapun jenis-jenis investasi jangka panjang adalah salah satunya emas.

Dimana Emas memang sudah banyak dipahami bahwa harganya yang semakin tahun semakin melambung. Maka dari itu emas bisa  dijadikan sebagai instrumen investasi. Selain itu keberadaan logam mulia yang satu ini memang sudah diterima banyak kalangan orang. Dan harga emas juga tidak terlalu berpengaruh pada perekonomian negara. Maka dari itu cenderung stabil harganya dan cocok untuk investasi jangka panjang.

2. Obligasi

Selanjutnya yang masih dalam kategori investasi jangka panjang adalah obligasi atau surat utang. Dimana surat ini akan berfungsi sebagai bukti atas transaksi pinjaman yang dilakukan oleh penerbit dengan pemilik dana. Untuk jangka waktu obligasi biasanya sekitar 2 tahun atau lebih.

3. Investasi Program pensiun

Membahas mengenai investasi jangka panjang, itu artinya adalah investasi yang keuntungannya hanya akan didapatkan pada waktu lama. Sehingga salah satu jenis investasi jangka panjang adalah program pensiun.

Saat ini memasuki masa tidak produktif banyak orang akan kesulitan untuk melakukan banyak hal termasuk kebutuhan finansial. Pasalnya tidak semua pekerjaan menjamin dana pensiun. Maka dari itu, pelaku investasi ini akan menguntungkan dimasa depan.

4. Properti

Instrumen yang bisa dijadikan investasi jangka panjang selanjutnya adalah properti. Adapun jenis ini hampir sama dengan emas, dimana nilainya pada tiap tahunnya akan selalu naik. Pasalnya kebutuhan akan properti akan selalu naik juga. Adapun bentuk dari properti yang dimaksud bisa berupa tanah, bangunan dan sebagainya. Jadi, berinvestasi menggunakan properti bisa jadi pilihan terbaik juga untuk investasi jangka panjang.

5. Saham

Membicarakan saham mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi. Namun, belum banyak yang tau mengenai penjelasan dari saham itu sendiri. Adapun instrumen investasi saham adalah bukti kepemilikan atas aset perusahaan tertentu. 

Dimana orang yang mempunyai saham di perusahan tertentu disebut sebagai investor. Seorang investor akan mendapatkan manfaat dari hasil selisih harga jual dengan harga beli bukti kepemilikan tersebut. Menjadi investor juga tidak harus mengeluarkan modal awal jutaan, pasalnya saat ini sudah aplikasi yang bisa dengan dana minimal membeli saham.

6. Reksa Dana

Sedangkan jenis investasi jangka panjang yang bisa jadi pilihan selanjutnya adalah Reksa Dana. Adapun penjelasan mengenai reksa dana sendiri adalah pengumpulan dana oleh masyarakat yang nantinya akan dikelola oleh pihak lain dalam hal ini disebut manajer investasi.

Saat ini baik reksa dana maupun obligasi dan bahkan saham sudah sangat mudah dilakukan. Terlebih setelah muncul berbagai platform investasi. Seiring berkembangnya zaman berbagai aplikasi mempermudah untuk belajar berinvestasi sejak dini. Adapun aplikasi tersebut misalnya Bibit, Ajaib dan sebagainya 

Demikian jenis-jenis investasi jangka panjang  yang bisa menambah wawasan saat hendak  investasi sejak dini. Selain itu ada banyak aplikasi yang bisa dijadikan tempat untuk memulai investasi aman terutama dikalangan pemula atau anak muda yang masih perlu bimbingan mengenai investasi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.