Makanan Khas Boyolali yang Bikin Susah Lupa

Makanan khas daerah dikenal dari hasil bumi dan keunikan cara pengolahannya. Boyolali adalah salah satu kawasan di Jawa tengah yang mempunyai keunggulan di bidang kuliner. Memiliki julukan sebagai Selandia Baru di Jawa, hasil peternakannya yang berupa daging dan susu sapi memunculkan olahan kuliner yang khas. Rekomendasi makanan khas Boyolali, yaitu:

1. Nasi Tumpang Boyolali

Nasi ini secara tampilan tak jauh beda dengan nasi pecel yang sering dijumpai di warung makan tenda. Uniknya, ada lauk spesial yang hanya ada di Boyolali. Di antaranya adalah tempe semangit dan sambal lethok. Tempe semangit adalah tempe yang hampir busuk namun bisa menggugah selera makan karena rasa yang khas.

Selanjutnya, ada sambal lethok yang bahan kuncinya ada pada kencur dan daun salam. Kepedasan sambal ini bisa disesuaikan dengan selera penikmat nasi tumpang. Makanan khas Boyolali ini dapat disajikan bersama lauk lengkap dan urap sayur.

2. Soto Daging Boyolali

Hasil daging peternakan Boyolali patut dirasakan saat berkunjung ke sana. Dua soto daging yang sangat direkomendasikan untuk dicicipi. Pertama, Soto Mbok Giyem yang cocok dinikmati saat bertandang ke Pandanaran. Soto gurih dengan isian lengkap dan rasa yang segar.

Selanjutnya, ada soto seger Boyolali dari Haji Fatimah yang terkenal akan kuah rempahnya meskipun berwarna bening. Tersedia juga gorengan, sate jeroan, dan tambahan nasi. Sangat pas dinikmati dengan isian soto berupa sayuran, daging ayam, dan daging sapi.

3. Jenang Pecel

Jika di daerah lain jenang merupakan dodol yang berbahan dasar gula aren, berbeda halnya dengan Jenang Pecel dari Boyolali ini. Kuliner ini adalah perpaduan bubur sumsum dengan pecel yang dijajakan di Pasar Sunggihan. Meski makanan ini memadukan rasa manis dan pedas, kenikmatan kudapan ini cocok untuk sarapan.

Related Post :  Rekomendasi Menu Makanan Sehat Anak TK yang Susah Makan

4. Tahu Susu

Olahan susu dari Boyolali ini terkenal karena menggunakan susu yang diproses dengan cara curdling memakai rennet. Tak heran, rasa susu yang dihasilkan pada tahu yang padat ini sangat gurih dan lembut. Makanan ini banyak ditemukan di Jalan Pandanaran.

5. Abon Lele

Kecamatan Sawit di Boyolali termasuk salah satu kampung yang kaya akan hasil ikan lele. Tak heran banyak olahan ikan lele yang terkenal dari Boyolali, di antaranya adalah abon lele. Selain abon, penduduk lokal juga membuat keripik lele yang rasanya tak kalah mantap. Olahan ini cocok untuk menemani nasi hangat.

6. Dodol Susu

Makanan ini diracik dengan campuran susu, gula, dan tepung ketan. Dengan bahan dasar susu segar, dodol susu ini diyakini memiliki gizi yang baik. Olahan susu ini sudah dikemas lebih baik dan banyak yang mengirimnya sebagai oleh-oleh karena teksturnya yang lembut. Dodol bisa dicelupkan ke susu agar lebih lumer di mulut.

7. Petis Sapi

Petis umumnya terbuat dari udang digunakan untuk menambah rasa pada masakan. Boyolali memiliki olahan sapi berupa petis sapi yang siap melezatkan makanan pecinta kuliner. Aroma yang dihasilkan tentu memiliki gurihnya rasa daging sapi yang nikmat. Kuliner khas Boyolali ini pun sudah diproduksi masif dan menjadi ikon oleh-oleh kota susu tersebut.

Selain daftar di atas, ada juga makanan khas Boyolali yang sayang untuk dilewatkan. Di antaranya ada marning jagung, bebek goreng, sate kere, susu segar, dan aneka olahan jeroan sapi. Kekayaan kuliner khas Indonesia merupakan hasil dari kekayaan hasil peternakan yang hanya ada di Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.