Peran BRI dalam Memberdayakan Ultra Mikro dan UMKM di Indonesia

Bank Rakyat Indonesia (BRI) memiliki peran yang penting dalam proses memberdayakan ultra mikro dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia melalui berbagai program dan layanan keuangan yang mendukung pertumbuhan sektor  sehingga BRI dianggap sebagai Pahlawan UMKM.

Terbukti, BRI mampu mencatatkan penyaluran kredit bagi UMKM sebesar Rp1.038,90 triliun pada kuartal ketiga 2023. Jumlah tersebut membuat porsi kredit UMKM BRI terhadap total kredit perseroan hingga mencapai 83,06%. Sehingga jumlah tersebut menjadi catatan penyaluran kredit bagi UMKM terbesar dibandingkan dengan perbankan lainnya.

Namun, BRI tidak langsung berpuas diri karena selanjutnya BRI menargetkan porsi kredit UMKM yang lebih tinggi lagi. Segmen UMKM yang menjadi sasaran penyaluran kredit BRI di antaranya yaitu sektor perdagangan, industri pengolahan, pertanian, aktivitas kesehatan, aktivitas jasa keuangan dan kesenian hiburan. 

BRI (Bank Rakyat Indonesia)

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah  terbesar di Indonesia. Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja tanggal 16 Desember 1895. 

Misi Bank BRI

Memberikan Pelayanan Terbaik 

Bank Rakyat Indonesia (BRI) berusaha melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada segmen mikro, kecil, dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat

Menyediakan Pelayanan yang Prima

Bank Rakyat Indonesia (BRI) senantiasa berusaha memberikan pelayanan prima dengan fokus kepada nasabah melalui sumber daya manusia yang profesional dan memiliki budaya berbasis kinerja (performance-driven culture), teknologi informasi yang handal dan future ready, dan jaringan kerja konvensional maupun digital yang produktif dengan menerapkan prinsip operational dan risk management excellence. 

Bekerja dengan Optimal dan Baik

Bank Rakyat Indonesia (BRI) berusaha memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dengan memperhatikan prinsip keuangan berkelanjutan dan praktik Good Corporate Governance yang sangat baik. 

Related Post :  Kumpulan Kata Motivasi untuk Menginspirasi Hidup Anda

BRILianpreneur

Salah satu komitmen BRI yaitu menumbuh kembangkan UMKM juga terlihat dari program BRILianpreneur. Lewat program ini, BRI berupaya membawa produk UMKM Indonesia agar dikenal oleh dunia dengan mempertemukan mereka dengan calon pembeli dari pasar global. Sebagai tulang punggung perekonomian nasional, UMKM terus didorong untuk naik kelas hingga go global. Disinilah peran BRI untuk Indonesia melalui digitalisasi BRI untuk memberikan pemberdayaan secara menyeluruh melalui pembiayaan maupun pendampingan.

Hingga akhir September 2023 ini, BRI sudah memiliki kurang lebih 2.843 desa binaan di seluruh Indonesia. Desa-desa tersebut mendapatkan berbagai pelatihan dari BRI untuk meningkatkan kapabilitas perangkat desa, pengurus BUMDes dan pelaku UMKM di desa. 

Klasterku Hidupku

Program klasterku hidupku menjadi salah satu wadah bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis nya. Saat ini Klasterku Hidupku telah memberdayakan hingga 18.685 klaster usaha di seluruh Indonesia. Klaster-klaster tersebut setidaknya telah mendapatkan 1.411 pelatihan dan literasi serta 391 bantuan sarana dan prasarana produksi. Di samping itu, BRI juga telah memiliki 54 Rumah BUMN yang menaungi lebih dari 400 ribu pelaku UMKM dan telah melaksanakan lebih dari 11 ribu pelatihan. Salah satu bentuk pemberdayaan yang diberikan BRI yakni program pelatihan dengan tujuan menaikkan level, dan memperbesar cakupan bisnis.

Sekilas tentang UMKM

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha produktif milik orang atau perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro sebagaimana diatur dalam undang-undang.

Aset yang dimiliki usaha mikro maksimal 50 juta dengan omset 300 juta per tahun. Aset usaha kecil 50 juta hingga 500 juta dengan omset 300 juta hingga 2,5 miliar per tahun. Aset usaha menengah 500 juta hingga 10 miliar dengan omset 2,5 miliar hingga 50 miliar per tahun. 

Related Post :  Tips Ampuh untuk Mencegah Suami Selingkuh dari Wanita Lain

Peran UMKM Bagi Perekonomian di Indonesia

Penciptaan Lapangan Kerja

UMKM menjadi salah satu penyedia lapangan kerja terbesar di Indonesia, mereka membantu mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. 

Pertumbuhan Ekonomi Lokal

UMKM mendukung pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal dan regional, oleh karena itu, mereka memberikan kontribusi pada pendapatan masyarakat setempat.

Inovasi dan Kreativitas

UMKM sering kali menjadi sumber inovasi dan kreativitas yang ada di pasar. Mereka dapat membawa ide-ide baru dan memperkaya ragam produk dan layanan yang ada di Indonesia.

Pemerataan Pendapatan

Dengan mendukung pengusaha kecil, UMKM dapat membantu pemerataan pendapatan dan mengurangi kesenjangan ekonomi yang ada di Indonesia.

#Bank BRI #UMKM

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *