6 Makanan Khas Turki yang Halal untuk Para Wisatawan

Makanan Khas Turki yang Halal

Banyak orang yang berminat untuk mencoba makanan khas Turki yang halal dan juga lezat. Selain itu, Turki juga memiliki julukan sebagai surga kuliner yang diberikan oleh para wisatawan saat datang berkunjung. Hal ini karena kebanyakan makanan khas Turki dianggap selalu sesuai dengan selera semua orang. Adapun rekomendasi untuk makanannya, yaitu:

1. Menemen

Menemen ini juga termasuk ke dalam makanan khas Turki yang halal dan sangat direkomendasikan. Lalu, makanan ini biasanya dianggap oleh masyarakat Turki sebagai menu sarapannya. Kemudian, untuk penyajiannya pun ditambahkan daging, roti, dan juga telur dengan bumbu rempah yang berlimpah.

Adapun untuk dagingnya seperti sosis yang memiliki rasa pedas atau bisa juga dengan daging sapi kering yang diiris tipis. Selain itu, terdapat berbagai macam sayuran seperti paprika hijau dan tomat untuk melengkapi makanan tersebut.

2. Lahmacun

Makanan dari Turki memang kebanyakan memiliki bahan baku berupa daging, seperti halnya dengan lahmacun ini. Kuliner yang satu ini juga bisa menjadi santapan menarik untuk para wisatawan yang berkunjung ke Turki. Hal ini karena dari tampilannya saja sudah terlihat sangat enak dan biasanya wisatawan menyebutnya dengan kebab Turki.

Adapun bahan baku yang digunakan pada makanan ini dijamin halal, karena berasal dari daging sapi atau domba yang dicincang. Selain ada daging, makanan ini juga dilengkapi dengan irisan sayuran seperti tomat, bawang, dan daun peterseli. Setelah dilengkapi dengan daging dan sayuran, maka masakan ini bisa langsung digulung.

3. Simit

Setiap mengunjungi Istanbul pastinya para wisatawan akan mendapati banyak penjual makanan tersebut. Simit ini merupakan makanan yang berasal dari Turki dengan tampilan unik berbentuk bulat. Kemudian, para wisatawan yang berkunjung ke Turki pun biasanya menjulukinya sebagai donat Turki.

Related Post :  Makanan Khas Boyolali yang Bikin Susah Lupa

Lalu, yang menjadi pembedanya lagi, yaitu bentuk simit lebih besar dan teksturnya juga keras daripada donat yang biasanya. Namun, ternyata bentuk dari simit ini juga ada yang berbentuk kotak dengan beragam isian seperti kacang atau coklat.

4. Kokoretsi

Kokoretsi atau kokoret ini merupakan makanan khas Turki yang memiliki bahan baku dari usus kambing atau domba. Kemudian, usus tersebut akan dililit untuk menyelimuti organ-organ dalam atau jeroannya. Setelah itu, makanan itu pun baru bisa dimasak dengan cara membakarnya.

Lalu, usus kambing atau domba yang digunakan pun tidaklah sembarangan pilih. Hal ini karena usus yang dijadikan makanan ini, yaitu usus dari kambing atau domba yang masih menyusui. Adapun jeroan yang digunakan pun, yaitu hati, ginjal, jantung, dan pankreas. Lalu, masakan juga diberi tambahan garam, lada, minyak zaitun, oregano, dan juga perasan jeruk lemon.

Cara memasaknya pun, yaitu dengan memotong terlebih dahulu bahan utama makanan ini. Lalu, jeroan akan ditusuk seperti sate dan diberi bumbu sesuai resepnya. Kemudian, ususnya bisa dililitkan pada jeroan tersebut dan dibakar sampai matang.

5. Baklava

Jika para wisatawan ingin mencari kuliner Turki yang halal dan juga manis, maka baklava adalah jawaban yang tepat untuk itu. Hal ini karena baklava merupakan makanan yang terbuat dari roti dengan isian yang berupa kacang.

Selain itu, makanan ini disajikan dengan siraman madu ataupun sirup yang manis agar terasa lebih nikmat. Adapun untuk menemukan makanan ini di Turki pun cukuplah mudah, karena banyak toko yang menjualnya.

6. Lokum

Makanan manis lainnya yang bisa dijumpai ketika berkunjung ke Turki, yaitu lokum. Jenis kuliner ini juga banyak diburu oleh para wisatawan karena rasanya yang sangat enak dan pastinya halal. Lokum ini memiliki bahan dasar dari tepung yang ditambah dengan gula ataupun madu. Lalu, cemilan ini pun juga memiliki beragam bentuk yang sangat unik dan pastinya menggoda.

Related Post :  Rekomendasi Menu Makanan Sehat Anak TK yang Susah Makan

Adapun untuk rasanya juga memiliki beberapa pilihan, yaitu kayu manis, jeruk, lemon, mint, dan air mawar. Lalu, kebanyakan masyarakat Turki pun menyantap camilan ini pada saat berbuka puasa.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Turki yang halal dan sangat lezat untuk dicoba. Lalu, dengan mengetahui makanan tersebut, maka orang yang berkunjung ke Turki pun tidak perlu bingung lagi saat mencari kuliner halal. Selain itu, orang pun juga bisa mengenal lebih dalam tentang kuliner yang akan dimakannya, sehingga bisa menyesuaikan seleranya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *