Rekomendasi Menu Makanan Sehat Anak TK yang Susah Makan

Anak TK pasti punya masalah dalam hal makan. Padahal usia TK adalah usia baik untuk pertumbuhan. Kalau sudah begini, pasti para ibu lah yang harus memutar otak, mencari ide supaya anak mau makan. Untuk para ibu, cobalah gunakan menu makanan sehat anak TK dibawah ini untuk membantu mengatasi anak TK susah makan:

1. Jus Kombinasi Buah dan Sayur

Permasalahan pertama biasanya anak cenderung tidak mau makan sayur. Rasanya tidak enak katanya. Padahal sayur bisa memberikan asupan serat pada anak. Karenanya, cobalah untuk mencampurkan buah dengan sayur lalu mengubahnya menjadi jus. Karena jus berbentuk minuman, biasanya anak TK lebih tertarik untuk meminumnya.

Jus buah dan sayur juga cenderung berwarna terang dan memiliki rasa yang unik. Lakukan berbagai percobaan kombinasi untuk mendapat rasa yang anak TK suka. Namun yang harus diperhatikan disini adalah pemanis yang digunakan, karena anak TK pasti suka manis bukan? Sebaiknya gunakan madu, jangan gula untuk memaniskan jus yang dibuat.

2. Nugget Homemade

Nugget selalu terlihat menarik bagi anak TK. Warnanya yang coklat keemasan dan renyah saat dimakan, anak TK mana yang menolak nugget. Namun nugget kemasan tentu akan mengandung banyak zat yang tidak baik untuk anak TK. Kandungan gizi dan bahan pembuatannya apalagi, tidak ada yang tahu.

Karenanya, cobalah membuat nugget sendiri. Bahannya cukup mudah yaitu, daging ayam/sapi/ikan atau bahkan bisa menggunakan jamur tiram sebagai sumber protein. Sayuran seperti wortel bisa ditambahkan untuk menambah nutrisi. Ibu juga bisa membuatnya untuk disimpan sekaligus untuk stok lain hari..

3. Bento Chicken Katsu

Masih sama seperti nugget, Chicken Katsu pasti bisa menjadi menu makanan sehat anak TK yang membuatnya doyan makan. Hal ini tentu karena Chicken Katsu memiliki warna yang cerah, tekstur yang renyah, dan rasa yang enak. Pasti anak TK akan makan dengan lahap saat mengetahui makanannya berisi Chicken Katsu.

Related Post :  6 Makanan Khas Turki yang Halal untuk Para Wisatawan

Untuk membuatnya tambah menarik, susun bento dengan menarik pula. Misalnya, bentuk nasi menjadi bentuk yang lucu. Sertai pula dengan sayuran yang akan melengkapi nutrisinya. Jangan lupa bahwa bento ini untuk anak kecil. Maka, buatlah sayuran pelengkap yang penuh rasa, jangan hanya sekedar direbus saja.

4. Bento 4 Sehat 5 Sempurna

Selanjutnya masih menu bento yaitu bento yang isinya meliputi 4 sehat 5 sempurna. Untuk mendukung ini, ibu bisa membeli piring atau kotak makan dengan banyak sekat. Tujuannya adalah untuk menaruh setiap komponen secara terpisah. Dengan begitu, si kecil bisa melihat semua komponennya secara detail dan menjadi daya tarik masing-masing.

Seperti halnya bento Chicken Katsu, visualisasi disini menjadi hal yang penting. Pilih menu yang akan membawa warna cerah. Nasi, buah, sayur, dan mungkin semua komponen bisa dijadikan bentuk yang lucu. Sediakan cetakan dengan bentuk yang lucu di rumah untuk memfasilitasi menu makanan anak yang harus disajikan dengan lucu.

5. Snack Homemade Sehat

Yang terakhir adalah snack, sebagai sesuatu yang tidak bisa dihindari. Anak TK pasti akan mencari snack nya setelah memakan nasi. Snack bisa dikatakan makanan favorit anak, karena rasanya yang manis dan cenderung ringan. Untuk menghindari snack kemasan berpengawet, Ibu bisa membuatkan snack sendiri.

Pilihan snack yang paling mudah bisa dimulai dari puding buah. Ibu bisa memasukkan buah sungguhan pada puding warna warni yang menggugah selera anak. Atau jika ibu punya waktu luang, membuat kue kering juga patut dicoba. Kue kering buatan rumah tentu akan lebih terjamin komposisinya bukan dan pasti tidak akan ditolak oleh si kecil.

Kunci dari semua adalah tampilan yang menarik dan komposisi yang penuh nutrisi. Hal ini akan membantu memancing minat anak TK untuk makan. Dalam membuat menu makanan sehat anak TK seperti disebutkan diatas, ibu harus sabar dan super telaten. Dengan kesabaran dan ketelatenan, anak-anak jadi bisa terpenuhi nutrisinya. 

Related Post :  Makanan Khas Boyolali yang Bikin Susah Lupa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.