Peran Penting Pemuda dalam Melawan Perubahan Iklim yang Menggelora

ilustrasi gambar dari freepik

Seperti yang kita tahu, perubahan iklim ialah suatu keadaan dimana berubahnya kondisi fisik atmosfer bumi seperti suhu, angin dan distribusi curah hujan yang memiliki dampak besar terhadap segala sektor kehidupan. Perubahan iklim ini juga biasa disebut sebagai pemanasan global, yang artinya terjadi peningkatan pada suhu bumi. Nah, pemanasan inilah yang akhirnya menyebabkan terjadinya perubahan iklim.

Saat ini  iklim global dapat kita rasakan perubahannya, yaitu suhu udara yang terasa lebih hangat daripada biasanya. Para ilmuwan menyatakan bahwa salah satu faktor penyebabnya ialah dari pengaruh aktivitas manusia. Kegiatan manusia yang melepaskan polusi hingga terperangkap di atmosfer menyebabkan efek rumah kaca timbul. 

Dampak dan Bagaimana Solusi Perubahan Iklim?

Perubahan Iklim juga dapat menyebabkan bencana alam seperti kenaikan permukaan laut, banjir badai serta peningkatan suhu  yang dapat menyebabkan gelombang panas dan terjadinya kekeringan. Perubahan ini tentunya sangat berpengaruh pada manusia serta ekosiste. Suhu hangat atau dingin yang ekstrim karena perubahan iklim dapat memperburuk keadaan beberapa penyakit, seperti penyakit pernapasan. Kekurangan makanan yang diakibatkan perubahan iklim juga berpengaruh pada perubahan pola pertanian yang dapat menimbulkan risiko kekurangan gizi. Kondisi iklim ini juga bisa mendukung populasi nyamuk dan meningkatnya penyebaran penyakit malaria.

Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai warga bumi untuk turut ambil peran dalam upaya mengatasi perubahan Iklim yang sedang dialami bumi saat ini, kita dapat memulainya dari hal-hal kecil seperti mengganti bahan bakar fosil dengan energi terbarukan seperti matahari, angin, serta hidroelektrik, kemudian #UntukmuBumiku  kita juga dapat membantu dengan meningkatkan efisiensi penggunaan energi di berbagai sektor, termasuk industri, transportasi dan rumah tangga, selain itu membawa tas sendiri untuk mengurangi pemakaian plastik, atau kita juga dapat bergabung dengan kelompok lingkungan atau organisasi yang berfokus pada konservasi hutan dan perubahan iklim. Tindakan ini juga harus dilakukan secara berkelanjutan untuk mengatasi tantangan perubahan iklim dan menjaga keberlanjutan hutan yang sangat penting bagi ekosistem. Sebab mengatasi isu perubahan iklim adalah tantangan global yang memerlukan tindakan kolektif di berbagai tingkatan.  

Related Post :  Apa Itu Generasi Sandwich dan Bagaimana Cara Mengatur Keuangan untuk Generasi Sandwich

KAI, sebagai salah satu transportasi yang dapat menjadi pilihan. (dok. naradipta)

Harapan Pemuda Terhadap Penanganan Isu Perubahan Iklim dan Perlindungan Hutan

ilustrasi gambar dari freepik

Saat ini banyak pemuda Indonesia yang semakin peduli akan lingkungan dan menyadari dampak negatif dari perubahan iklim ini serta penebangan hutan terhadap negara dan dunia. Mereka berharap pemerintah dan masyarakat secara keseluruhan akan lebih proaktif dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, menjaga hutan, serta melestarikan sumber daya alam. Saat ini banyak #MudaMudiBumi yang terlibat langsung dalam gerakan lingkungan dan berusaha untuk menciptakan perubahan positif melalui aksi nyata, pendidikan, serta advokasi. Karena pemuda Indonesia memiliki peran penting dalam mempercepat upaya-upaya perlindungan lingkungan dan mengatasi isu perubahan iklim yang ada saat ini. Sebab kita adalah generasi yang akan menghadapi dampaknya.

Indonesia adalah salah satu negara yang sangat rentan terhadap perubahan iklim. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah, masyarakat, dan pemuda Indonesia untuk #BersamaBergerakBerdaya dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, menjaga hutan, dan mengambil tindakan adaptasi untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Sudah semestinya kita bersatu untuk menjaga dan melestarikan bumi tercinta ini, menjadi bagian #TeamUpForImpact. Dengan kerja sama antar pihak, maka upaya kita untuk menangani perubahan iklim ini dapat memberikan hasil yang signifikan. Cukup  mulai dari satu pohon untuk menghijaukan bumi.

Yuk, share mimpi kamu terhadap penanganan isu perubahan iklim dan perlindungan hutan!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *