5 Cara Mengobati Stres dan Depresi Terampuh

Cara Mengobati Stres dan Depresi

Semakin bertambahnya usia dibarengi dengan intensitas tekanan yang timbul dari lingkungan sekitar, menyebabkan seseorang bisa terkena stres hingga depresi. Hal ini bisa saja timbul dari berbagai faktor. Setidaknya ada 5 cara mengobati stres dan depresi yang efektif dan bisa dicoba apabila seseorang merasa dirinya mengalami hal tersebut. Selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini:

1. Berolahraga dan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara mengobati stres dan depresi yang membutuhkan usaha, tetapi memiliki manfaat yang luar biasa yakni dengan berolahraga dan menerapkan hidup sehat. Kedua hal tersebut dapat dikatakan sebagai kunci utama hidup yang bahagia, sebab dapat melepaskan energi negatif dari tubuh seseorang. Melakukan pola hidup sehat dan olahraga teratur juga mampu membangkitkan gairah untuk lebih semangat menjalani kehidupan.

Ada beberapa olahraga yang bisa meredam stres apabila rutin melakukannya, misalnya yoga, meditasi, dan berlari. Selain itu, berenang juga bisa melepas perasaan tidak nyaman akibat stres dalam waktu singkat. Berolahraga dan makan makanan yang sehat secara teratur selain mampu menjaga tubuh dari berbagai penyakit, juga dapat menjaga kesehatan mental agar terhindar dari stres dan depresi.

2. Memiliki Teman Cerita

Obat paling efektif ketika sedang mengalami stres atau depresi tentu saja memiliki teman cerita. Setiap orang setidaknya punya satu sahabat dekat yang menjadi tempat berkeluh kesah dengan nyaman atas setiap masalah yang tengah terjadi. Tetapi apabila dirasa permasalahan cukup serius dan membutuhkan penanganan ahli, tidak perlu sungkan untuk melakukan konsultasi pada psikiater atau psikolog terbaik.

3. Mengungkapkan Keluh Kesah

Mengungkapkan keluh kesah terhadap suatu masalah merupakan bagian tersulit yang tidak bisa dicapai oleh sebagian orang. Tetapi sangat penting untuk dilakukan agar tidak terdapat perasaan mengganggu yang tersimpan di dalam hati. Cobalah untuk bisa berani mengungkapkan sesuatu yang menjadi masalah kepada orang yang bersangkutan. Memendam sesuatu hanya akan memperburuk keadaan dan mengakibatkan stress yang berkepanjangan.

Related Post :  Untuk Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi, Apa Saja yang Harus Dilakukan?

4. Melakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Meredakan stres bisa juga dengan melakukan aktivitas yang disenangi seperti mendengarkan musik, menggambar, jalan-jalan, dan sesuatu yang membuat perasaan menjadi lebih baik. Merencanakan liburan jangka panjang juga bisa dijadikan sebagai alternatif pereda stres dan depresi. Tentunya sebelum melakukan hal tersebut perlu persiapan yang baik agar tidak muncul masalah baru di kemudian hari.

5. Menghindari Lingkungan yang Berpotensi Merusak Ketenangan Jiwa

Apabila telah mengupayakan diri untuk menjadi lebih baik dengan membangun hal-hal positif, cara mengobati stres dan depresi bisa dengan menghindari lingkungan negatif. Langkah yang diambil dimulai dari memilah pergaulan, meninggalkan sesuatu yang membuat tekanan batin bertambah, dan berusaha menjadi diri sendiri. Awalnya pasti sulit karena banyak pertimbangan, tetapi apabila telah membulatkan tekad pasti akan teratasi dengan baik.

Bukan suatu kesalahan jika seseorang memutuskan untuk membatasi dirinya dari lingkungan yang dianggap toxic dan dapat mengganggu stabilitas jiwa. Apabila dirasa kenyamanan diri terusik, tindakan paling tepat adalah meninggalkan dan menghindari diri agar tidak terjebak dalam situasi yang bisa memicu stres. Putus segala rantai yang menjadi beban, dan selesaikan permasalahan untuk hidup lebih bahagia.

Problematika yang dihadapi manusia secara berkepanjangan memang menimbulkan stres dan dapat menghambat produktivitas. Permasalahan tersebut sering ditemui dalam dunia kerja yang punya intensitas tinggi, percintaan, atau bahkan keluarga. Komunikasi adalah kunci penting dalam sebuah siklus hubungan manusia, jangan sekali-kali memendam permasalahan dalam diri, sebab hal tersebut bisa jadi sebagai faktor utama seseorang mengalami stres hingga depresi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.